BAB
III
METODE
PENELITIAN
A.
Tempat dan Waktu
1.
Tempat Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ini mengambil tempat di Sekolah Menengah Atas
(SMA) Negeri 1 Kartasura, Jalan Raya Solo-Yogja Pucangan, Kartasura, Sukoharjo.
2.
Waktu Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini akan direncanakan pada tanggal 8 September sampai dengan 29 september 2011.
Tabel
1. Rincian Kegiatan Waktu dan Jenis Kegiatan
No
|
Rancangan Kegiatan
|
Waktu (Bulan) Tahun 2011
|
|||||
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
|
1.
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Observasi
|
Î
|
|
|
|
|
|
|
b. Identifikasi Masalah
|
Î
|
|
|
|
|
|
|
c. Penentuan Tindakan
|
Î
|
|
|
|
|
|
|
d.
Pengajuan Judul
|
Î
|
|
|
|
|
|
|
e.Penyusunan
Proposal
|
Î
|
î
|
|
|
|
|
|
f. Pengajuan ijin
Penelitian
|
|
î
|
|
|
|
|
2.
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Seminar Proposal
|
|
|
î
|
|
|
|
|
b. Pengumpulan data
penelitian
|
|
|
|
|
|
î
|
3.
|
Penyusunan
Laporan
|
|
|
|
|
|
î
|
B.
Subjek Penelitian
Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 1
SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011 / 2012, yang
berjumlah 39 siswa.
C.
Sumber Data
Sumber data dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai
berikut:
1. Siswa, untuk
mendapatkan data tentang servis atas bolavoli dengan menggunakan alat bantu
pembelajaran pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012.
2. Guru sebagai kolaborator, untuk melihat
tingkat keberhasilan penggunaan alat bantu pembelajaran pada pembelajaran
servis atas bolavoli di SMA N 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012.
D.
Teknik Pengolahan Data
Teknik pengumpulan data dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri
dari; tes dan observasi.
1. Tes:
dipergunakan untuk mendapatkan data tentang hasil servis atas bolavoli yang
dilakukan siswa.
2. Observasi: dipergunakan sebagai teknik untuk
mengumpulkan data tentang aktivitas siswa dan guru selama mengikuti proses
belajar mengajar servis atas bolavoli dengan alat bantu pembelajaran.
Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian sebagai
berikut:
Tabel
2. Teknik Pengolahan Data Penelitian
No
|
Sumber
Data
|
Jenis
Data
|
Teknik
Pengumpulan
|
Instrument
|
1
|
Siswa
|
Hasil belajar servis atas
bolavoli
|
Psikomotor, afektif dan kognitif
|
Tes servis atas bolavoli, skala
sikap, soal tes (sesuai dengan rubrik penilaian pada RPP)
|
E.
Analisis Data
Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan
siklus PTK dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase
untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
1. Hasil belajar servis atas
bolavoli : dengan menganalisis nilai yang diperoleh siswa setiap aspeknya.Yaitu Psikomotor, afektif, dan kognitif Kemudian dikategorikan dalam klasifikasi skor
yang telah ditentukan.
F.
Prosedur Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR).
Langkah
– langkah PTK secara prosedurnya dilaksanakan secara partisipatif atau
kolaboratif antara (guru dengan tim lainya) bekerjasama, mulai dari tahap
orientasi hingga penyusunan rencana tindakan dalam siklus pertama, diskusi yang
bersifat analitik, kemudian dilanjutkan dengan refleksi – evaluatif atas
kegiatan yang dilakukan pada siklus pertama, untuk kemudian mempersiapkan
rencana modifikasi, koreksi, atau pembetulan, dan penyempurnaan pada siklus
berikutnya.
|
|||
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|||||
Gambar 5 : Alur Tahapan Siklus
dalam Penelitian Tindakan Kelas
Dalam satu siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan,
pelak-sanaan, pengamatan, dan refleksi. Penjelasan mengenai alur penelitian
tindakan tersebut dipaparkan memalui penjelasan sebagai berikut :
- Perencanaan adalah langkah yang dilakukan guru ketika akan memulai tindakannya tentang apa, mengapa, kapan, dimana, oleh siapa, dan bagaimana penelitian itu dilakukan.
- Pelaksanaan adalah implementasi dari rencana yang sudah dibuat.
- Pengamatan adalah proses mencermati jalannya pelaksanaan tindakan.
- Refleksi adalah langkah mengingat kembali kegiatan yang sudah lampau yang dilakukan oleh guru dan siswa
Untuk memperoleh hasil penelitian tindakan seperti yang diharapkan,
prosedur penelitian secara keseluruhan meliputi tahap – tahap sebagai berikut:
1.)
Tahap persiapan survei awal
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah mengobservasi sekolah atau
kelas yang akan dijadikan sebagai tempat Penelitian Tindakan Kelas. Tahap
seleksi informan, penyiapan instrumen, dan alat
2.)
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini, adalah :
a.
Menentukan subjek penelitian
b.
Menyiapkan metode dan instrument penelitian serta
evaluasi
3.)
Tahap Pengumpulan Data dan Tindakan
Pada tahap ini peneliti mengumpulkan data tentang :
a.
Hasil belajar servis atas bolavoli siswa
b.
Kemampuan siswa terhadap proses pembelajaran
c.
Alat bantu pembelajaran
d.
Pelaksanaan pembelajaran
e.
Partisipasi dan keaktifan siswa
4.)
Tahap analisis data
Dalam tahap ini analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Teknik analisis tersebut dilakukan karena data yang terkumpul berupa uraian
deskrptif tentang perkembangan belajar tentang servis atas siswa. Serta hasil
test kemampuan siswa yang dideskriptifkan memalui hasil kualitatif.
5.)
Tahap penyusunan laporan
Pada tahap ini disusun laporan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dari
mulai awal survei hingga menganalisis data yang dilakukan dalam penelitian
6.)
Deskripsi tiap siklus
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar servis atas bolavoli siswa kelas
XI IPS 1 SMA N 1 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Setiap
tindakan upaya pencapaian tujuan tersebut dirancang dalam satu unit sebagai
satu siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni: (1) perencanaan
tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interprestasi; (4)
analisis dan refleksi untuk perencanaan siklus berikutnya. Penelitian
direncanakan dalam 2 siklus.
a.
Rancangan siklus I
1.
Tahap Perencanaan Tindakan
Pada tahap ini peneliti dan guru penjasorkes menyusun sekenario
pembelajaran yang terdiri dari :
a.)
Menyusun RPP servis atas bolavoli yang akan digunakan
dalam tindakan.
b.)
Menyusun instrument yang digunakan dalam siklus PTK,
penilaian servis atas bolavoli.
c.)
Menyiapkan media yang diperlukan untuk membantu
pengajaran
d.)
Menyusun alat evaluasi pembelajaran
2.
Tahap Pelaksanaan Tindakan
Tahap pelaksanaan dilakukan dengan melaksanakan sekenario pembelajaran
yang telah direncanakan, tahap ini dilakukan bersama dengan tahap observasi
terhadap dampak tindakan. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan yang dilakukan adalah
melaksanakan proses pembelajaran di lapangan dengan langakah - langkah kegiatan
adalah:
a.)
Menjelaskan kegiatan belajar mengajar servis atas
bolavoli.
b.)
Melakukan pemanasan
c.)
Melakukan teknik dasar servis atas bolavoli:
(1)
Cara sikap permulaan melalui penerapan alat bantu yang
telah disiapkan oleh guru dan peneliti.
(2)
Cara perkenaan tangan dan pelaksanaan melalui penerapan
alat bantu.
(3)
Cara sikap akhir .
(4)
Melakukan rangkaian gerakan servis atas bolavoli dari
cara memegang bola, sikap permulaan, cara perkenaan tangan dan sikap akhir.
d.)
Mengadakan diskusi dan evaluasi
e.)
Penilaian yang dilaksanakan selama pembelajaraan
berlangsung.
f.)
Melakukan pendinginan
3.
Tahap Observasi dan Interpretasi
Pengamatan dilakukan terhadap : (1) Hasil belajar servis atas bolavoli
siswa, (2) Kemampuan melakukan serangkaian gerakan servis atas bolavoli, (3)
Aktivitas siswa selama proses belajar pembelajaran berlangsung.
4.
Tahap Evaluasi (Refleksi)
Refleksi merupakan uraian tentang prosedur analisis terhadap hasil penelitian
dan refleksi berkaitan dengan proses dan dampak tindakan perbaikan yang
dilaksanakan serta kriteria dan rencana bagi siklus tindakan berikutnya.
Persentase
indikator pencapaian keberhasilan penelitian pada tabel berikut:
Tabel 3 :Prediksi Pencapaian Hasil Belajar Siswa
Aspek
yang diukur
|
Prosentase
target capaian
|
Cara
mengukur
|
||
Kondisi
awal
|
Siklus
1
|
Siklus
2
|
||
Hasil belajar
Servis atas bolavoli
|
38,46%
|
50%
|
70%
|
Diukur melalui
ketuntasan belajar siswa pada materi servis atas bolavoli, hasil penjumlahan
(aspek psikomotor, afektif, dan kognitif) sesuai dengan KKM sekolah 72
|
b.
Rancangan siklus II
Pada rancangan siklus II tindakan dikaitkan dengan hasil yang telah
dicapai pada tingkatan siklus I sebagai upaya perbaikan dari siklus tersebut
dengan materi pembelajaran sesuai dengan silabus mata pelajaran pendidikan
jasmani. Demikian juga termasuk perwujudan tahap pelaksanaan, observasi dan
refleksi yang juga mengacu pada siklus sebelumnya.
No comments:
Post a Comment