Tuesday, June 12, 2012

PROPOSAL PENELITIAN UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TURNAMEN (TGT) PADA SISWA KELAS VA SD (BAB III)



BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Tempat dan Waktu Penelitian

1.      Tempat Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan akan dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Mojosongo III, kecamatan Jebres, Surakarta.
2.      Waktu Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan pada bulan februari sampai agustus . Adapun proses pelaksanaan penelitian sebagai berikut:

Tabel 1. Rancangan Kegiatan Waktu dan Jenis Kegiatan Penelitian

No

Kegiatan
Waktu (Bulan)
februari
maret
april
mei
Juni
juli
agustus
1
Persiapan








a. Observasi








b. Identifikasi Masalah








c. Penentuan Tindakan








d.Pengajuan judul








e. Penyusunan proposal








f. Pengajuan  ijin penelitian







2
Pelaksanaan








a.Seminar Proposal








b.Pelaksanaan tindakan atau pengumpulan data









3
Penyusunan Laporan








a.Penulisan Laporan








b.Ujian Skripsi








­­­


B.     Subjek Penelitian
Subjek yang diteliti dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Mojosongo III, Jebres, Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.

  1. Sumber Data
Sumber data dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut :
1.      Siswa : data tentang hasil belajar lari cepat (sprint). 
2.      Kejadian-kejadian selama pembelajaran : data tentang aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pelaksanaan TGT
3.      Kolaborator : Mengetahui tingkat keberhasilan penerapan pembelajaran lari cepat (sprint) melalui model TGT
4.  Dokumentasi : kurikulum, silabus, RPP, catatan hasil belajar lari cepat (sprint).

D.    Teknik Pengumpulan Data
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi informasi tentang keadaan siswa dilihat dari aspek kualitatif. Aspek kualitatif berupa catatan lapangan pelaksanaan pembelajaran, hasil observasi dengan berpedoman pada lembar observasi. Data penelitian dikumpulkan dari berbagai sumber meliputi :
Tabel 2. Teknik dan Alat Pengumpulan Data
No
Jenis Data
Sumber Data
Teknik
Pengumpulan
Instrumen
1
Hasil belajar lari cepat (sprint)
Siswa
Tes praktik unjuk kerja lari cepat (sprint)
Tes keterampilan
2
Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
Kejadian-kejadian selama PBM
Praktik dan unjuk kerja Pengamatan
Menggunakan perekam gambar atau photo





E.     Analisis Data
Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus PTK dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik analisis tersebut dilakukan karena sebagian besar data yang dikumpulkan berupa uraian deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran pada sub pokok bahasan lari cepat (sprint).

F.     Indikator Kerja Penelitian

Tabel 3. Indikator Kerja Penelitian
Aspek  yang diukur
Prosentase target capaian
Cara mengukur
Kondisi awal
Siklus
1
Siklus
2
Hasil belajar lari cepat (sprint)
40 %
60 %
80 %
Menggunakan Salah satu instrumen tes dalam TKJI lari cepat 40 meter.

G.    Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian adalah langkah – langkah yang harus dilalui oleh peneliti dalam menerapkan metode yang akan digunakan dalam penelitian. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan tindakan yang berlangsung secara terus menerus kepada subjek penelitian.
Langkah – langkah PTK secara prosedurnya dilaksanakan secara partisipatif atau kolaboratif antara (guru dengan tim lainya) bekerjasama, mulai dari tahap orientasi hingga penyusunan rencana tindakan dalam siklus pertama. Setiap tindakan upaya pencapaian tujuan tersebut dirancang dalam satu unit sebagai satu siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap. yakni : (1) Perencanaan Tindakan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3) Observasi dan Interprestasi; (4) Analisis dan refleksi untuk perencanaan siklus berikutnya. Penelitian direncanakan dalam 2 siklus.

Gambar 6. Alur Tahapan Siklus Penelitian Tidakan Kelas
Sumber : Buku Pedoman Skripsi
1.      Rancangan Siklus I
a.      Tahap Perencanaan
Pada tahap ini peneliti menyusun sekenario pembelajaran yang terdiri dari :
1)      Melakukan analisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar yang akan disampaikan kepada siswa dalam pembelajaran penjas
2)      Membuat rencana perencanaan pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada silabus.
3)      Menyusun instrumen yang digunakan dalam siklus PTK.
4)      Menyusun alat evaluasi pembelajaran.
5)      Menyiapkan permainan model TGT dalam lari cepat (sprint).
6)      Menyiapkan permainan model TGT dalam lari cepat (sprint).

b.      Tahap pelaksanaan
Tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengacu pada RPP yang telah direncanakan, sebagai berikut :
1)      Menyampaikan bahan ajar secara umum dilanjutkan  pemanasan.
2)      Membentuk kelompok belajar
3)      Melakukan teknik lari cepat (sprint) menggunakan model pembelajaran TGT.
4)    Melakukan rangkaian gerakan lari cepat (sprint).
5)    Menarik kesimpulan dan melakukan test lari cepat 40 meter.
6)    Melaksanakan pendinginan.

c.       Pengamatan tindakan
Pengamatan dilakukan terhadap: (1) Hasil belajar lari cepat; (2) Kemampuan melakukan rangkaian gerakan lari cepat (sprint); (3) Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung.

d.      Tahap Evaluasi ( Refleksi )
Refleksi merupakan uraian tentang prosedur analisis terhadap hasil penelitian dan refleksi berkaitan dengan proses dan dampak tindakan perbaikan yang dilaksanakan serta kriteria dan rencana bagi siklus tindakan berikutnya.









Tabel 4. Prosentase Target Capaian
Aspek  yang diukur
Prosentase target capaian
Cara mengukur
Kondisi awal
Siklus
1
Siklus
2
Hasil belajar lari cepat (sprint)
40%
60 %
80 %
Menggunakan Salah satu instrumen tes dalam TKJI lari cepat 40 meter.

2.      Rancangan Siklus II
Pada rancangan siklus II tindakan dikaitkan dengan hasil yang telah dicapai pada tingkatan siklus I sebagai upaya perbaikan dari siklus tersebut dengan materi pembelajaran sesuai dengan silabus mata pelajaran pendidikan jasmani. Demikian juga termasuk perwujudan tahap pelaksanaan, observasi, dan interprestasi, serta analisis, dan refleksi yang juga mengacu pada siklus sebelumnya.

No comments:

Post a Comment