METODE PENELITIAN
A.
Tempat dan Waktu
Penelitian
1.
Tempat
Penelitian
Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) direncanakan akan dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Mojosongo
III, kecamatan Jebres, Surakarta.
2.
Waktu
Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan pada
bulan februari sampai agustus . Adapun proses pelaksanaan penelitian sebagai berikut:
Tabel 1. Rancangan Kegiatan Waktu dan Jenis Kegiatan Penelitian
No
|
Kegiatan
|
Waktu (Bulan)
|
||||||
februari
|
maret
|
april
|
mei
|
Juni
|
juli
|
agustus
|
||
1
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Observasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Identifikasi Masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Penentuan Tindakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.Pengajuan
judul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e.
Penyusunan proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f.
Pengajuan ijin
penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.Seminar
Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.Pelaksanaan
tindakan atau
pengumpulan data
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Penyusunan
Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.Penulisan
Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.Ujian
Skripsi
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Subjek Penelitian
Subjek yang diteliti dalam Penelitian Tindakan Kelas ini
adalah siswa kelas VA SD Negeri Mojosongo III, Jebres, Surakarta tahun pelajaran 2011/2012.
- Sumber Data
Sumber data dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini
adalah sebagai berikut :
1.
Siswa : data tentang hasil belajar lari cepat (sprint).
2.
Kejadian-kejadian selama pembelajaran :
data tentang aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pelaksanaan TGT
3.
Kolaborator : Mengetahui tingkat
keberhasilan penerapan pembelajaran lari cepat (sprint) melalui model TGT
4.
Dokumentasi
: kurikulum, silabus, RPP, catatan hasil belajar lari cepat
(sprint).
D.
Teknik Pengumpulan
Data
Data
yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi informasi tentang keadaan siswa
dilihat dari aspek kualitatif. Aspek kualitatif berupa catatan lapangan
pelaksanaan pembelajaran, hasil observasi dengan berpedoman pada lembar observasi.
Data penelitian dikumpulkan dari berbagai sumber meliputi :
Tabel 2. Teknik dan Alat Pengumpulan
Data
No
|
Jenis Data
|
Sumber Data
|
Teknik
Pengumpulan
|
Instrumen
|
1
|
Hasil belajar lari cepat (sprint)
|
Siswa
|
Tes praktik unjuk kerja lari
cepat (sprint)
|
Tes keterampilan
|
2
|
Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
|
Kejadian-kejadian selama PBM
|
Praktik dan unjuk kerja Pengamatan
|
Menggunakan perekam gambar atau photo
|
E.
Analisis Data
Data
yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus PTK
dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik analisis tersebut dilakukan
karena sebagian besar data yang dikumpulkan berupa uraian deskriptif tentang
perkembangan proses pembelajaran pada sub pokok bahasan lari
cepat (sprint).
F.
Indikator Kerja Penelitian
Tabel 3. Indikator Kerja Penelitian
Aspek yang diukur
|
Prosentase target
capaian
|
Cara mengukur
|
||
Kondisi awal
|
Siklus
1
|
Siklus
2
|
||
Hasil belajar lari cepat (sprint)
|
40 %
|
60 %
|
80 %
|
Menggunakan Salah satu instrumen tes dalam TKJI lari cepat 40 meter.
|
G.
Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian adalah langkah – langkah yang harus
dilalui oleh peneliti dalam menerapkan metode yang akan digunakan dalam
penelitian. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan tindakan yang
berlangsung secara terus menerus kepada subjek penelitian.
Langkah – langkah PTK secara prosedurnya dilaksanakan
secara partisipatif atau kolaboratif antara (guru dengan tim lainya)
bekerjasama, mulai dari tahap orientasi hingga penyusunan rencana tindakan
dalam siklus pertama. Setiap tindakan upaya pencapaian tujuan tersebut
dirancang dalam satu unit sebagai satu siklus. Setiap siklus terdiri dari empat
tahap. yakni : (1) Perencanaan Tindakan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3)
Observasi dan Interprestasi; (4) Analisis dan refleksi untuk perencanaan siklus
berikutnya. Penelitian direncanakan dalam 2 siklus.
Gambar 6. Alur Tahapan Siklus Penelitian Tidakan Kelas
Sumber : Buku
Pedoman Skripsi
1. Rancangan Siklus I
a. Tahap
Perencanaan
Pada tahap ini peneliti menyusun sekenario pembelajaran
yang terdiri dari :
1)
Melakukan
analisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar yang akan disampaikan
kepada siswa dalam pembelajaran penjas
2)
Membuat
rencana perencanaan pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada silabus.
3)
Menyusun
instrumen yang digunakan dalam siklus PTK.
4)
Menyusun
alat evaluasi pembelajaran.
5)
Menyiapkan
permainan model TGT dalam lari
cepat (sprint).
6)
Menyiapkan
permainan model TGT dalam lari
cepat (sprint).
b.
Tahap pelaksanaan
Tahap
pelaksanaan dilakukan dengan mengacu pada RPP yang telah direncanakan, sebagai
berikut :
1)
Menyampaikan
bahan ajar secara umum dilanjutkan
pemanasan.
2)
Membentuk
kelompok belajar
3)
Melakukan
teknik lari cepat (sprint) menggunakan model pembelajaran TGT.
4) Melakukan rangkaian gerakan lari cepat
(sprint).
5) Menarik kesimpulan dan melakukan
test lari cepat 40 meter.
6) Melaksanakan pendinginan.
c.
Pengamatan tindakan
Pengamatan dilakukan terhadap: (1) Hasil belajar lari cepat; (2) Kemampuan melakukan rangkaian gerakan lari cepat (sprint);
(3) Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung.
d.
Tahap Evaluasi ( Refleksi )
Refleksi merupakan uraian tentang prosedur analisis
terhadap hasil penelitian dan refleksi berkaitan dengan proses dan dampak
tindakan perbaikan yang dilaksanakan serta kriteria dan rencana bagi siklus
tindakan berikutnya.
Tabel 4. Prosentase Target Capaian
Aspek yang diukur
|
Prosentase target
capaian
|
Cara mengukur
|
||
Kondisi awal
|
Siklus
1
|
Siklus
2
|
||
Hasil belajar lari cepat (sprint)
|
40%
|
60 %
|
80 %
|
Menggunakan Salah satu instrumen tes dalam TKJI lari cepat 40 meter.
|
2.
Rancangan Siklus II
Pada rancangan
siklus II tindakan dikaitkan dengan hasil yang telah dicapai pada tingkatan
siklus I sebagai upaya perbaikan dari siklus tersebut dengan materi
pembelajaran sesuai dengan silabus mata pelajaran pendidikan jasmani. Demikian
juga termasuk perwujudan tahap pelaksanaan, observasi, dan interprestasi, serta
analisis, dan refleksi yang juga mengacu pada siklus sebelumnya.
No comments:
Post a Comment