BAB III
METODE PENELITIAN
A.
Tempat dan Waktu
Penelitian
1.
Tempat
Penelitian
Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) direncanakan akan dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 3 Kasihan Ngadirojo Kabupaten
Wonogiri.
2.
Waktu
Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan pada
bulan januari sampai juli 2012. Adapun proses pelaksanaan penelitian sebagai
berikut:
Tabel 2. Rancangan Kegiatan Waktu dan Jenis
Kegiatan Penelitian
No
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Tahun 2012
|
|||||||||||||||||||||
Jan
|
Feb
|
Maret
|
April
|
Mei
|
juni
|
|||||||||||||||||||
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Persiapan
|
Observasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Identifikasi masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Penentuan tindakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengajuan judul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Penyusunan proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengajuan izin penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Pelaksanaan
|
Seminar Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan tindakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Penyelesaian
|
Penyusunan Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian skripsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Subjek Penelitian
Subjek yang diteliti dalam Penelitian Tindakan Kelas ini
adalah siswa kelas IV SDN 3 Kasihan Ngadirojo kabupaten Wonogiri tahun
pelajaran 2011/2012.
- Sumber Data
Sumber data dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini
adalah sebagai berikut :
1.
Siswa : data tentang hasil belajar lompat
jauh
2.
Kejadian-kejadian selama pembelajaran :
data tentang aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pelaksanaan TGT
3.
Kolaborator : Mengetahui tingkat
keberhasilan penerapan pembelajaran lompat jauh melalui model TGT
4.
Dokumentasi
: kurikulum, silabus, RPP, catatan hasil belajar lompat jauh, dan studi simak.
D.
Teknik Pengumpulan
Data
Data
yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi informasi tentang keadaan siswa
dilihat dari aspek kualitatif. Aspek kualitatif berupa catatan lapangan
pelaksanaan pembelajaran, hasil observasi dengan berpedoman pada lembar
observasi. Data penelitian dikumpulkan dari berbagai sumber meliputi :
Tabel 3. Teknik dan Alat Pengumpulan Data
No
|
Jenis Data
|
Sumber Data
|
Teknik
Pengumpulan
|
Instrumen
|
1
|
Hasil belajar lompat jauh
|
Siswa
|
Tes praktik unjuk kerja
|
Tes keterampilan lompat jauh
|
2
|
Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
|
Kejadian-kejadian selama PBM
|
Praktik dan unjuk kerja
Pengamatan
|
Menggunakan perekam gambar atau photo
|
E.
Analisis Data
Data
yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus PTK
dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik analisis tersebut dilakukan
karena sebagian besar data yang dikumpulkan berupa uraian deskriptif tentang
perkembangan proses pembelajaran pada sub pokok bahasan lompat jauh.
Teknik
analisis ini dilakukan dalam 3 komponen yaitu :
1.
Reduksi data, yaitu meliputi penyeleksian data melalui
seleksi yang ketat, melalui ringkasan atau uraian singkat, menggolongkannya
dalam satu pola yang lebih luas.
2.
Penyajian data, dilakukan dalam rangka mengorganisasikan
data yang merupakan penyusunan informasi secara sistematik dari hasil reduksi
data.
3.
Penarikan kesimpulan atau verifikasi merupakan upaya
pencarian makna data, mencatat keteraturan dan penggolongan data. Data yang
terkumpul disajikan secara sistematis dan bermakna. Berikut skema model
interaktif dalam analisis data :
Penyajian data
|
Reduksi data
|
Display data
|
Penarikan kesimpulan
|
Gambar 6. Analisis interaktif
Milles dan huberman
F.
Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian adalah langkah – langkah yang harus
dilalui oleh peneliti dalam menerapkan metode yang akan digunakan dalam
penelitian. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan tindakan yang
berlangsung secara terus menerus kepada subjek penelitian.
Langkah – langkah PTK secara prosedurnya dilaksanakan
secara partisipatif atau kolaboratif antara (guru dengan tim lainya)
bekerjasama, mulai dari tahap orientasi hingga penyusunan rencana tindakan
dalam siklus pertama. Setiap tindakan upaya pencapaian tujuan tersebut
dirancang dalam satu unit sebagai satu siklus. Setiap siklus terdiri dari empat
tahap. yakni : (1) Perencanaan Tindakan; (2) Pelaksanaan Tindakan; (3)
Observasi dan Interprestasi; (4) Analisis dan refleksi untuk perencanaan siklus
berikutnya. Penelitian direncanakan dalam 2 siklus.
Tahap
Perencanaan
|
Tahap
pelaksanaan
|
Tahap
Pengamatan
|
Tahap
Refleksi
|
Tahap
Pengamatan
|
Tahap
Pelaksanaan
|
Tahap
Perencanaan
|
Tahap
Refleksi
|
Siklus I
|
Siklus II
|
Gambar 7. Alur
Tahapan Siklus Penelitian Tidakan Kelas
Sumber :
H.E.Mulyasa (2009:73)
1. Rancangan Siklus I
a. Tahap Perencanaan
Pada tahap ini peneliti menyusun sekenario pembelajaran
yang terdiri dari :
1)
Melakukan
analisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar yang akan disampaikan
kepada siswa dalam pembelajaran penjas
2)
Membuat
rencana perencanaan pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada silabus.
3)
Menyusun
instrumen yang digunakan dalam siklus PTK.
4)
Menyusun
alat evaluasi pembelajaran.
5)
Menyiapkan
permainan model TGT dalam lompat jauh
6)
Menyiapkan
permainan model TGT dalam lompat jauh
b.
Tahap
pelaksanaan
Tahap
pelaksanaan dilakukan dengan mengacu pada RPP yang telah direncanakan, sebagai
berikut :
1)
Menyampaikan
bahan ajar secara umum dilanjutkan
pemanasan.
2)
Membentuk
kelompok belajar
3)
Melakukan
teknik dasar lompat jauh menggunakan model pembelajaran TGT.
4) Melakukan rangkaian gerakan lompat jauh.
5) Menarik kesimpulan dan memberikan
penilaian selama proses pembelajaran berlangsung.
6) Melaksanakan pendinginan.
c.
Pengamatan
tindakan
Pengamatan dilakukan terhadap: (1) Hasil keterampilan lompat jauh; (2) Kemampuan melakukan rangkaian gerakan
keterampilan lompat jauh;
(3) Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung.
d.
Tahap Evaluasi
( Refleksi )
Refleksi merupakan uraian tentang prosedur analisis
terhadap hasil penelitian dan refleksi berkaitan dengan proses dan dampak
tindakan perbaikan yang dilaksanakan serta kriteria dan rencana bagi siklus
tindakan berikutnya.
Tabel 4. Prosentase Target Capaian
Aspek yang diukur
|
Prosentase target
capaian
|
Cara mengukur
|
||
Kondisi awal
|
Siklus
1
|
Siklus
2
|
||
Hasil belajar lompat jauh
|
28,6 %
|
50 %
|
80 %
|
Diamati saat guru memberikan materi lompat jauh
|
2.
Rancangan
Siklus II
Pada rancangan
siklus II tindakan dikaitkan dengan hasil yang telah dicapai pada tingkatan
siklus I sebagai upaya perbaikan dari siklus tersebut dengan materi
pembelajaran sesuai dengan silabus mata pelajaran pendidikan jasmani. Demikian
juga termasuk perwujudan tahap pelaksanaan, observasi, dan interprestasi, serta
analisis, dan refleksi yang juga mengacu pada siklus sebelumnya.
No comments:
Post a Comment